Literasi Masa Kini

‚ÄčEntah kenapa saya ingin menulis ini setelah banyaknya kejadian yang sempat menghebohkan dunia maya. Bukan, saya bukan seseorang yang menjadi penyulut api agar terus berkobar. Saya hanyalah wanita biasa yang lemah dan masih jauh dari kelebihan, serta saya masih kurang akan ilmu yang begitu dahsyatnya.

Saya di sini, mewakili penulis-penulis seantero negeri ingin menyampaikan, saat ini dunia literasi terbilang mengkhawatirkan. Bukan karena banyak orang yang tidak mau membaca. Namun karena banyak orang yang terpengaruh akan tulisan yang amat mengoyak pikiran. Jika lengah sedikit saja, akan terkena dampak yang luar biasa. Ya, dunia literasi genting lantaran banyak penulis yang berpikiran idealis memusatkan serangannya dengan senjata mematikan; tulisan yang mampu mendongkrak pemikiran seseorang.

Menyikapi hal tersebut, sudah sepantasnya kita sebagai penulis maupun sebagai penikmat uraian aksara, akan lebih bagus dan cermat dalam memilih bacaan yang bermutu. Dengan catatan, janganlah membuat sekuel yang tidak berujung karena ilmu belum tinggi, pengalaman belum tercetak, gejolak argumen dibiarkan tercuap tanpa dibatasi dengan jalur-jalurnya. Mengenaskan.

Kalau sudah terjadi peristiwa yang dingin seperti ini, terkobar oleh lautan api yang terus saja tak henti. Akankah kita berdiam diri dan hanya menonton pertarungan sengit ini? Atau ingin memberikan wejangan yang pastinya memekakkan telinga mereka?

Pilihan ada di diri kalian masing-masing, wahai penikmat dunia literasi. Setidaknya, biarkan dunia literasi kembali ke jalan yang benar; menjadi peneduh penikmatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*